Fadlianto Botutihe

Pengenalan Berbagai Mineral Yang Dibutuhkan Tubuh



Mineral dikenal sebagai salah satu zat makanan utama yang dibutuhkan oleh tubuh. Mineral yang dikonsumsi oleh manusia bukanlah mineral yang berada bebas di alam berupa barang tambang seperti nikel dan kobal. Mineral
yang dibutuhkan oleh tubuh dan aman untuk dikonsumsi ialah mineral berupa nutrient anorganik yang biasanya berbentuk garam yang larut dalam makanan dan air saat masuk ke dalam tubuh. Berdasarkan sifat jenis kebutuhannya bagi tubuh, mineral terbagi menjadi dua, yaitu :
1)                  Esensial : mineral yang dibutuhkan tubuh dalam jumlah sebesar 100 mg atau lebih per harinya. Mineral jenis ini terdiri atas  Na ( Natrium ), Cl ( Klorida ), K ( Kalium ), Ca ( Kalsium ),  P ( Fosfor ), Mg ( Magnesium ), dan S ( Sulfur ).
2)                  Trace element : mineral yang dibutukan tubuh dalam jumlah sebesar kurang dari 100 mg per harinya. Mineral jenis ini terdiri atas Fe ( Besi ), Cu ( Tembaga ), F ( Fluor ), dan Se ( Selenium ).
Senyawa anorganik ini memiliki manfaat yang cukup banyak, diantaranya, yaitu :
1)                  Sebagai kofaktor berbagai enzim.
2)                  Untuk kontraksi otot.
3)                  Sebagai neurotransmitter.
4)                  Untuk menjaga tekanan osmotik cairan ekstraseluler.
5)                  Sebagai zat pembangun dan pengatur.
Di bawah ini uraian singkat mengenai beberapa mineral dengan masing-masing fungsi dan sumber mineral tersebut.
1)       Kalsium ( Ca )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi sebagai komponen tulang dan gigi, untuk proses pembekuan darah, untuk kontraksi otot, dan sebagai neurotransmitter. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa ikan, polong-polongan, susu, dan keju.
2)      Fosfor ( P )         
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi sebagai komponen tulang, komponen ATP, DNA, RNA, dan fosfolipid ( membrane sel ). Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa sereal, daging, dan  susu.
3)      Sulfur ( S)           
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi sebagai komponen pada beberapa protein dan vitamin. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa ikan, kacang-kacangan, dan daging yang termasuk ke dalam makanan memiliki protein yang tinggi.
4)      Kalium ( K )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi berupa ion positif dalam sel dan berguna untuk kontraksi otot. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan yang terdapat dalam beberapa makanan.
5)      Natrium ( Na )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi sebagai komponen cairan ekstraseluler, untuk menjaga tekanan osmosis, untuk menjaga keseimbangan asam dan basa, untuk mempengaruhi kontraksi otot dan impuls saraf. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa garam dapur.
6)      Klor ( Cl )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi penting untuk keseimbangan asam-basa. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa garam dapur.
7)      Magnesium ( Mg )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi penting yang dibutuhkan otot dan fungsi saraf. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa kacang-kacangan dan sayur-sayuran.
8)      Tembaga ( Cu )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi yang dibutuhkan untuk sintesis pigmen melanin, untuk sintesis hemoglobin, dan sebagai komponen enzim. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa hati, telur, ikan, dan kacang.
9)      Iodin ( I)
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi sebagai komponen hormone tiroid yang berguna untuk meningkatkan laju metabolisme dan defisiensi konsumsi Iodin dapat menyebabkan penyakit gondok. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa ikan laut, minyak ikan, garam beriodium, sayuran yang berwarna hijau, dan kentang.
10)   Mangan ( Mn )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi yang dibutuhkan untuk aktivitas arginase ( enzim yang berguna dalam pembentukan urea ) dan sebagai aktivator banyak enzim. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa sereal, sayuran hijau, dan kuning telur.
11)   Besi ( Fe )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi penting untuk enzim respirasi ( sitokom ), enzim yang berguna untuk transpor oksigen, sebagai komponen hemoglobin, mioglobin dan defisiensi konsumsi zat besi dapat menyebabkan anemia. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa kuning telur, kacang-kacangan, dan daging yang terutama pada hati.
12)   Fluor ( F )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi sebagai komponen tulang dan gigi, untuk mencegah kebusukan dan kelebihan dalam mengonsumsi Fluor dapat menyebabkan gigi berbintik-bintik. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa teh, air minum, dan makanan laut.
13)   Zinc ( Zn )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi yang dibutuhkan dalam pertumbuhan dan perbaikan jaringan, sebagai kofaktor bagi lebih dari 70 enzim, dan untuk membantu mengatur sintesis protein. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa ikan laut, yogurt, susu, dan daging.
14)   Selenium ( Se )
Mineral ini memiliki manfaat dengan fungsi sebagai antioksidan. Nutrient anorganik ini memiliki sumber dari asupan berupa hati, telur, daging, dan ikan laut.
Demikian uraian beberapa mineral yang berperan bagi tubuh. Semoga dengan mengenal beberapa mineral di atas, kita dapat lebih mengenal mineral-mineral apa saja yang dibutuhkan tubuh dan mengetahui makanan apa saja yang mengandung mineral yang dibutuhkan tubuh
0 Responses

Poskan Komentar